Menu
Cart 0

9 Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan

Posted by Eco Zest on

Lidah buaya dikenal sebagai penyubur rambut alami. Selain itu, tanaman berduri ini juga baik bagi gigi dan mulut. 

Namun, ternyata, manfaat lidah buaya tak berhenti di situ. Berikut sembilan manfaat lain lidah buaya bagi kesehatan, seperti dilansirLivestrong, Sabtu (28/2).

1. Menyehatkan saluran pencernaan
Dalam sebuah makalah penelitian yang dipublikasikan di Majalah Prevention, Dr Jeffrey Bland, Ph.D melaporkan bahwa efek dari minum segelas jus lidah buaya dapat meningkatkan fungsi pencernaan, mengurangi gas dalam perut, dan kembung setelah makan.

2. Obat pencahar alami
University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa jus lidah buaya merupakan obat pencahar yang kuat, yang secara tradisional telah digunakan untuk mengurangi sembelit. Senyawa pencahar yang kuat dalam lidah buaya, yaitu aloin, barbaloin dan aloe-emodin.

3. Menurunkan kadar gula darah
Jus lidah buaya dapat menjadi sahabat penderita diabetes untuk mengontrol gula darah mereka. Studi yang dilakukan The National Center for Complimentary and Alternative Medicine menunjukkan bahwa jus herbal lidah buaya dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah.

4. Detoksifikasi racun
The American Chronicle memasukkkan lidah buaya ke dalam daftar tanaman yang bermanfaat sebagai detoksifikasi racun. Mereka mencatat bahwa sari buah ini mengandung asam amino, serin treonin, molibdenum dan metionin, yang bekerja sama untuk mendetoksifikasi tubuh dari racun dan radikal bebas. Senyawa tersebut juga berperan dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak.

5. Meningkatkan sistem kekebalan
Jacqueline L. Longe, dalam bukunya "The Gale Encyclopedia of Alternative Medicine" mengungkapkan bahwa jus lidah buaya mengandung senyawa kimia bioaktif yang disebut asetat mannose. Beberapa penelitian membuktikan bahwa senyawa itu berguna sebagai stimulan yang efektif menjaga kekebalan tubuh.

6. Mengobati dan mencegah infeksi viral
Menurut literatur dalam buku yang sama diatas, senyawa mannose asetat juga telah terbukti memiliki sifat anti-virus yang bermanfaat dalam melawan virus yang menyebabkan campak, flu dan AIDS.

7. Mencegah kanker
The International Journal of Toxicology melaporkan bahwa aloe-emodin, komponen kimia dalam jus lidah buaya, memiliki sifat anti kanker yang menghambat pertumbuhan tumor.

8. Obat radang usus
The National Center for Complementary and Alternative Medicine melaporkan bahwa jus lidah buaya dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk ulcerative colitis, penyakit radang usus yang mempengaruhi usus besar dan rektum.

9. Menghaluskan kulit tubuh
Beberapa penelitian di Eropa dan Amerika menyebutkan bahwa enzim aloe-emodin juga baik bagi kesehatan kulit tubuh, melembutkan dan meregenerasi sel kulit yang rusak.

 

Sumber : http://goo.gl/7SXlJe


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.