Menu
Cart 0

Chia Seed, Biji-bijian Kecil Bermanfaat Besar.

Posted by Eco Zest on

Menambahkan biji-bijian pada diet Anda, adalah cara mudah untuk mendapatkan nutrisi ekstra. Anda dapat mencampur biji-bijian dengan muesli di pagi hari, menaburkan di salad waktu makan siang, menambahkan protein dan serat ketika memanggang roti dan kue, atau saat memasak berbagai hidangan lainnya.

 

Biji-bijian juga relatif tidak 'rentan alergi' seperti kacang2an, ini membuat biji-bijian jadi pilihan yang aman untuk sumber serat dan protein bagi yang ingin mengurangi konsumsi daging.

 

Mungkin selama ini Anda sering kenal nama flaxseed, yang dikenal sebagi salah satu sumber lemak omega-3 yang kaya dengan serat dan antioksidan... nah sekarang ada biji-bijian yang dipromosikan sebagai superfood baru, yang  beberapa lipat kali lebih "sakti" dari Felxseed, ia adalah Chia seed.

 

Chia seed berasal dari Amerika Latin. Chia seed mengandung banyak serat, protein dan antioksidan. Chia seed juga mempunyai lebih banyak kadar lemak sehat. Manfaatnya antara lain dapat menjaga kondisi jantung tetap sehat, mendukung pergerakan sendi, mempelancar metabolisme, juga bebas Gluten! 

 

Meskipun Chia seed dipromosikan sebagai sumber lemak omega 3, Chia seed hanya mempunyai salah satu dari empat asam lemak omega-3, yaitu ALA, singkatan dari asam alfa-linolenatalpha-linolenic. Maka kandungan lemak segelas Chia Berry Smoothie tentu tidak dapat disamakan dengan kandungan lemak yang dihasilkan sepotong ikan salmon.

Chia seed tidak memiliki rasa, tapi ternyata amat berguna di dapur. Selain menambah nutrisi, Chia seed memberikan tekstur kasar yang baik untuk memanggang roti dan kue, Chia juga dapat dikonsumsi bersama mentega dan dapat dicampur dengan cairan waktu membuat smoothie. Jika diaduk dalam segelas air putih atau air kelapa dan dibiarkan selama beberapa menit, Chia seed akan mengembang seperti selasih.

Nicky Arthur, seorang guru yoga yang berbasis di Sydney, menulis buku "Cooking with Chia" agar lebih banyak orang dapat lebih menikmakti Chia seed: bukunya menunjukkan bagaimana memeras Chia seed menjadi selai, membuat  lumpia Vietnam hingga cokelat truffle.

Gunakan setengah cangkir air untuk satu sendok makan Chia seed - atau sendok besar jika Anda ingin konsistensi lebih kental, maka Chia seed dapat gigunakan sebagai pengganti telur dalam kue; Ketika dicampur dengan air, Chia seed akan berubah jadi seperti konsistensi telur yang bagus untuk bahan pengikat. 

Jika Anda khawatir dengan lemak dalam biji (menyebabkan kelebihan lemak omega-6 yang merugikan tubuh seperti analisa beberapa penemuan terkini), ingatlah bahwa makan biji-bijian secara utuh itu berbeda dengan mengkonsumsi minyak dari biji-bijian. "Jika Anda menyantap makanan secara keseluruhan, Anda akan mendapatkan paket nutrisi dan serat - bukan hanya minyak olahan, "kata Caroline Trickey, ahli gizi yang juga dari Sydney.

Menurut Frederique Nault , dokter naturopathy asal Perancis yang berpraktek di Bali dan Jakarta, Chia seed merupakan salah satu bahan detox yang baik bagi kliennya. Karena Chia seed dapat mengikat dan membawa keluar toxin2 yang ada di empedu dan usus. 

Sumber : http://goo.gl/oJjTMP


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.