Menu
Cart 0

6 Fakta Menarik Manfaat Kesehatan Dari Madu

Posted by Eco Zest on

Madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah. Rasa manis dari madu berbeda dengan gula, untuk itulah madu sering dikombinasikan dengan beberapa makanan dan minuman. Berikut adalah manfaat madu bagi kesehatan, seperti yang dilansir ishafoundation.org.

 

  • Madu baik untuk darah Anda

    Madu mempengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda tergantung pada bagaimana Anda mengonsumsinya. Jika madu dicampur dalam air hangat dan diminum, memiliki dampak yang menguntungkan pada sel darah merah dalam darah. Sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen dalam darah ke berbagai bagian tubuh. Campuran air madu hangat meningkatkan kadar hemoglobin darah, yang dapat membantu memulihkan anemia. Anemia adalah suatu kondisi yang terjadi ketika asupan makanan atau penyerapan zat besi tidak cukup, dan kapasitas membawa oksigen dari darah terganggu. Madu dapat mengurangi masalah ini dengan membantu mengoptimalkan tugas sel darah merah.

  • Madu lebih aman daripada gula

    Ada banyak penelitian yang menunjukkan efek negatif dari gula pada tubuh. Madu adalah pengganti yang besar yaitu sebagai manis tapi juga aman dikonsumsi. Meskipun madu juga termasuk gula sederhana, tetapi madu sangat berbeda dari gula putih yang mengandung sekitar 30% gula dan 40% fruktosa - dua monosakarida atau gula sederhana - dengan 20% gula kompleks lainnya. Madu juga termasuk dekstrin, serat tepung. Kombinasi ini membantu tubuh mengatur kadar gula darah.

  • Madu bersifat antibakteri dan antiseptik

    Beberapa studi kesehatan menunjukkan bahwa dapat membantu dalam pengobatan luka. Satu studi menggunakan madu yang telah mengalami proses pemurnian khusus, madu tersebut mampu menghancurkan semua strain bakteri pada luka. Dalam pengobatan tradisional, salah satu manfaat kesehatan dari madu adalah mengurangi infeksi pernapasan. Mengonsumsi madu dapat mengurangi lendir akibat asma.

  • Madu adalah makanan energi

    Salah satu kegunaan penting dari madu dalam pengobatan tradisional adalah sebagai penambah energi instan. Seperti disebutkan di atas, madu mengandung berbagai macam molekul gula, terutama glukosa dan fruktosa. Namun, tidak seperti gula putih di mana fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan sukrosa dan memerlukan langkah tambahan dalam proses pencernaan, dalam madu, dua gula ini terpisah. Dengan demikian, glukosa bertindak sebagai sumber energi instan.

  • Madu membantu pencernaan

    Madu membantu mengurangi sembelit, kembung dan gas, madu juga berfungsi menjadi pencahar ringan. Madu juga kaya akan probiotik atau "ramah" bakteri seperti bakteri bifido dan laktobasilus, yang membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi alergi. Menggunakan madu sebagai pengganti gula dapat mengurangi efek racun dalam usus mikotoksin yang dihasilkan oleh jamur

  • Madu memerangi infeksi kulit dan kulit kepala

    Ada banyak manfaat kesehatan dari madu pada kulit dan kulit kepala. Dalam sebuah penelitian berskala kecil dengan 30 pasien yang melihat efek dari madu pada mengobati dermatitis seboroik dan ketombe, pasien diminta memakai madu mentah setiap hari mengoleskan dengan lembut dan menggosok area masalah mereka selama 2-3 menit. Semua pasien menunjukkan perbaikan yang signifikan dengan pengobatan ini. 

Bagaimana, sudah berniat untuk mengganti gula Anda dengan madu? Dengan banyaknya manfaat dari madu untuk kesehatan, tentu Anda tertarik untuk mengonsumsi madu. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://goo.gl/KVa0nz


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.