Menu
Cart 0

Ini Alasan Beras Merah Cocok untuk Diet

Posted by Eco Zest on

Sejumlah orang yang mengkonsumsi makanan tertentu ketika diet karena makanan tersebut dinilai mampu membantu menurunkan berat badan. Salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh pelaku diet adalah beras merah. Tidak dipungkiri bahwa beras merah terbukti ampuh menurunkan berat badan dan bermanfaat pula untuk kesehatan. Banyak faktor yang memperkuat alasan beras merah cocok digunakan untuk diet.

Meskipun banyak mengandung karbohidrat namun beras merah berbeda dengan makanan berkarbohidrat lainnya. Kandungan karbohidrat pada beras merah yang kompleks membuatnya unggul dan masih ada banyak lagi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kandungan karbohidrat kompleks mencapai 85% dimana 7% nya berasal dari lemak sedangkan 8% nya dari protein. Kandungan vitamin B seperti thiamin, riboflavin, flat dan niacin mampu membakar energi dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu juga membantu proses pembentukan sel darah merah.

Beras merah mengandung rendah kalori dan kaya akan serat sehingga sangat sesuai dengan program diet yang dijalankan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 dan diterbitkan di journal Nutrition Research menunjukan bahwa mengkonsumsi campuran beras merah dan beras putih memberikan hasil yang lebih efektif dalam menurunkan berat badan daripada mengkonsumsi beras putih saja.

Kepadatan energi beras merah yang rendah akan memberikan lebih sedikit kalori sehingga mampu mengurangi konsumsi makanan berlemak dan banyak mengandung gula jika dimakan ketika awal waktu makan. Kepadatan energi yang rendah ini karena serat dan air yang dikandung oleh beras merah. Makanan yang memiliki kepadatan energi yang rendah lebih mudah menurunkan berat badan dan sesuai dimakan ketika menjalankan program diet.

Beras merah merupakan sumber karbohidrat yang berasal dari biji-bijian yang efektif menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Orang yang mengkonsumsi makanan berupa biji-bijian akan kehilangan lemak tubuh lebih banyak daripada orang yang hanya memakan biji-bijian olahan. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2011. Serat dalam beras merah memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga menahan pelaku diet untuk makan berlebih. Kandungan gilkemiks pada beras merah juga membantu penyerapan kalori yang berlebihan dalam tubuh.

Sumber : http://goo.gl/kW3qYH


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.